Berita Utama

Soppeng Dinilai Sukses Melakukan Pemulihan Ekonomi

RADARBONE.ID – Di tengah Pandemi Covid 19, Kabupaten Soppeng, Bandung dan Bali terpilih sebagai tiga daerah di Indonesia yang dinilai sukses melakukan inovasi dalam pemulihan ekonomi.

“Hal tersebut berdasarkan hasil kunjungan kerja anggota DPD RI,” ungkap Sekretaris Jenderal DPD RI Dr Rahman Hadi MSi saat video confrence pada rapat kerja Badan Urusan Legislasi Daerah(BULD) yang diselenggarakan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI secara virtual dengan Bupati Soppeng H A Kaswadi Razak SE di SCC Lamataesso, Rabu 20 Januari 2021.

Dikatakan, sebelumnya anggota DPD RI telah melakukan kunjungan kerja ke daerah pemilihan masing masing dan diperoleh data beberapa daerah telah melakukan inovasi dalam pemulihan ekonomi dari dampak Pandemi Covid 19 sesuai dengan potensi lokal masing masing.

DPD RI akhirnya memilih tiga daerah tersebut dan Kabupaten Soppeng dipilih karena telah memiliki Perda Nomor 1 Tahun 2020 tentang Penataan Pasar Tradisional ,Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

Didampingi Ketua DPRD H Syahruddin Adam S,Sos MM dan sejumlah pejabat terkait, bupati paparkan melihat dinamika fenomena di masyarakat disesuaikan dengan trend selama pandemi Covid 19, bersama DPRD menginisiasi menyiapkan sarana dan prasarana terkait masalah kesehatan.

Khusus dalam penanganan Covid 19 menyiapkan Labkesda lengkap mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) dan ruang perawatan.

Dengan sarana dan prasarana tersebut dibanding daerah lain Soppeng bisa mengetahui hasil swab lebih cepat bahkan melayani uji swab dari Kabupaten Bone , Wajo dan Sidrap .

Dengan regulasi tersebut diharapkan Soppeng tetap eksis dan tidak pernah menutup pasar dan pembatasan pelaku UKM karena dari awal telah ditekankan pentingnya protokol kesehatan dan Soppeng adalah Kabupaten pertama yang mewajibkan pakai masker.

Bagaimana upaya tetap memudahkan aktifitas ekonomi masyarakat dan pengusaha kecil sehingga tidak berdampak pada kondisi pandemi Covid 19 .

Diharapkan, kondisi perekonomian bisa kembali normal dimana Kabupaten Soppeng pernah mencapai pertumbuhan ekonomi 8 persen meski pernah anjlok 2 persen dan sekarang masih dalam angka 6 persen

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top