Berita Utama

Perjuangan Warga Tompo Bulu Berburu Madu Hutan

RADARBONE.ID–Tidak mudah menemukan lebah liar di Hutan Tompo Bulu, Desa Tompo Bulu, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone Sulsel. Harus masuk hutan dan menempuh jarak 5 kilometer.

Selain jaraknya yang jauh di dalam hutan, jalur yang ditempuh untuk mendapatkan lebah hutan juga terbilang sulit.

Anggota DPRD Bone, Hasrul Harahap merasakan sendiri sulitnya mendapatkan madu hutan.

Hasrul mengaku, selain harus menempuh medan yang cukup terjal, kesulitan lainnya, lebah membuat sarangnya pada pohon-pohon yang berukuran besar. Bahkan pohon tersebut tak jarang dikeramatkan oleh masyarakat.

“Makanya untuk mengambil sarang lebah itu, butuh keahlian khusus. Bahkan warga tanpa dibekali pelindung diri. Selain itu, mengambil sarang lebah tidak sembarangan, selalu berdoa dan memohon kelancaran kepada Allah SWT,” kata politisi Partai Hanura ini kepada radarbone.id, Senin 22 Februari 2021.

Ia mengatakan, beberapa warga Desa Tompo Bulu dikenal ahli mengambil sarang lebah. Meskipun pekerjaan itu sangat beresiko, mengingat lebah memiliki sengatan yang mematikan.

Asrul juga mengatakan, khasiat madu akan terjaga jika madu tersebut tanpa ada campuran lainnya. “Sampai sekarang madu Tompo Bulu, itu dikenal khasiatnya. Karena memang madu alami tanpa campuran,” tukasnya.

Ia juga menyebutkan, dalam satu tandang, madu yang dihasilkan bisa mencapai 10 liter.

“Paling banyak dalam satu sarang jika beruntung bisa 10 liter,” katanya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top