Proses mengurutkan sebuah list dengan cara menyisipkan elemen satu per satu sesuai urutan besar kecilnya disebut insertion sort.

Proses mengurutkan sebuah list dengan cara menyisipkan elemen satu per satu sesuai urutan besar kecilnya disebut

Artikel ini akan memberikan referensi kunci jawaban dari pertanyaan Proses mengurutkan sebuah list dengan cara menyisipkan elemen satu per satu sesuai urutan besar kecilnya disebut

 

Di sini, kamu akan menemukan berbagai kunci jawaban yang bisa kamu jadikan referensi yang diambil dari berbagai sumber terpercaya.

 

Selain memberikan kunci jawaban, dalam artikel ini akan diberikan juga pembahasan dengan jelas dan mudah dipahami, sehingga kamu dapat mempelajari dan memahami konsep dengan lebih baik.

 

Soal

Proses mengurutkan sebuah list dengan cara menyisipkan elemen satu per satu sesuai urutan besar kecilnya disebut

 

Jawaban

Proses mengurutkan sebuah list dengan cara menyisipkan elemen satu per satu sesuai urutan besar kecilnya disebut insertion sort.

 

Pembahasan

Pengertian Insertion Sort

Insertion sort adalah algoritma pengurutan yang bekerja dengan cara menyisipkan elemen-elemen list satu per satu ke dalam posisi yang tepat berdasarkan urutan besar kecilnya.

 

Algoritma ini dimulai dengan list kosong, kemudian elemen pertama ditambahkan ke list. Elemen berikutnya kemudian dibandingkan dengan elemen yang sudah ada di list, dan disisipkan ke posisi yang tepat. Proses ini terus diulang sampai semua elemen telah ditambahkan ke list.

 

Keuntungan dan Kerugian Insertion Sort:

Keuntungan Insertion Sort

  • Mudah dipahami dan diimplementasikan: Algoritma ini memiliki struktur yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga mudah untuk diimplementasikan dalam berbagai bahasa pemrograman.
  • Efisien untuk list pendek: Insertion sort menunjukkan performa yang cukup efisien untuk mengurutkan list dengan jumlah elemen yang relatif kecil.
  • Stabilitas: Algoritma ini bersifat stabil, artinya urutan elemen yang sama dalam list tidak akan berubah setelah proses pengurutan.
Baca juga:  Ketika menggunakan Internet, Dila tidak pernah menyebarkan berita bohong yang menyesatkan. Karena menurutnya itu akan menimbulkan keresahan dalam masyarakat bahkan bisa merugikan pihak lain. Dengan bertindak demikian, Dila telah menjalankan UU ITE Nomor 11 Tahun 2008, khususnya Pasal

 

Kekurangan Insertion Sort:

  • Kinerja untuk list panjang: Insertion sort tidak optimal untuk mengurutkan list dengan jumlah elemen yang besar. Algoritma lain seperti merge sort dan quicksort menunjukkan performa yang lebih baik dalam situasi ini.
  • Kompleksitas waktu: Insertion sort memiliki kompleksitas waktu rata-rata dan terburuk sebesar O(n^2), di mana n adalah jumlah elemen dalam list.

 

Kesimpulan:

Insertion sort merupakan algoritma pengurutan yang sederhana, mudah diimplementasikan, dan cukup efisien untuk list pendek. Meskipun tidak optimal untuk list panjang, algoritma ini memiliki nilai edukasi yang tinggi dan dapat menjadi pilihan untuk situasi tertentu.