Berita Terkini

Himpun 94 Anggota, Akbar Hidupkan Gapensi Bone

RADARBONE.ID-@Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kabupaten Bone kembali hidup setelah sempat ‘mati suri’ untuk beberapa waktu.

Di bawah kepemimpinan Muh Akbar Pamonroi, asosiasi jasa konstruksi nasional tertua dan terbesar ini kembali bangkit. Jika sebelumnya, keanggotaan Gapensi Bone tercerai berai. Kini satu persatu kembali berhimpun di bawah bendera Gapensi Bone.

“Alhamdulillah, kini sudah ada 94 perusahaan yang bergabung, dari tadinya cuma ada 8 anggota yang bertahan. Ini belum termasuk 14 perusahaan yang sementara berproses. Kalau 14 ini masuk, maka nantinya ada 108 anggota,” kata Akbar, Selasa, 4 Mei 2021.

Mengembalikan anggota yang tercerai-berai bukan pekerjaan gampang. Namun berkat keuletan dipadu silaturahmi dan komunikasi yang dibangun Akbar. Hanya dalam waktu tujuh bulan, anggota yang sudah terlanjur keluar kembali ke habitat, BPC Gapensi Bone.

“Jadi, saya telusuri satu persatu. Saya tanya pak Herman (Staf Gapensi), siapa-siapa anggota yang pernah bergabung. Kami hubungi dan kami ajak komunikasi,” ungkap Akbar.

Kepercayaan anggota kembali bergabung di Gapensi setelah pengurus melakukan pembenahan organisasi secara internal. Termasuk di dalamnya perbaikan pelayanan terhadap anggota.

“Saya tanya teman-teman yang pernah bergabung, apa alasannya sampai keluar. Salah satu alasan mereka adalah pelayanan. Makanya, pelayanan ini yang kami benahi. Jika sebelumnya pengurusan SBU (sertifikat badan usaha) makan waktu sekira dua bulan, sekarang cuma empat hari SBU keluar,” beber Akbar.

Setiap badan usaha yang melakukan kegiatan konstruksi di Indonesia harus memiliki Izin Usaha Jasa Konstruksi, dan syarat memiliki IUJK harus memiliki SBU atau Sertifikat Badan Usaha yang kini dikeluarkan oleh LPJK Nasional.

Setelah semua anggota mengantongi SBU. Perjuangan Akbar tak berhenti. Pria yang pernah menjadi jurnalis ini, kini fokus memikirkan nasib 94 anggota yang bergabung di BPC Gapensi Bone.

“Yang sekarang kami pikirkan bagaimana mereka mendapatkan pekerjaan. Ini memang tidak mudah, tapi kami selalu berusaha. Salah satunya bermitra dengan pemerintah daerah,” kunci Akbar, Ketua Badan Pengurus Cabang Gapensi Kabupaten Bone.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top