Pendidikan

Jelang PPDB, SMAN 1 Bone Edukasi Calon Siswa Baru Cara Mendaftar Online

RADARBONE.ID, WATAMPONE–Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA/SMK secara online bakal segera dibuka. Mengawali hal tersebut, SMAN 1 Bone mulai mengedukasi calon siswa baru tata cara mendaftar melalui kegiatan sosialisasi secara virtual melalui Zoom Cloud Meeting, Kamis, 27 Mei 2021 pukul 08.00 – 11.00 Wita.

Turut hadir Prof Dr Heri Tahir (Ketua Tim TGUPP Bid. Pendidikan & Ketua IKA SMABO), Drs A Syamsu Alam, MPd (Kacabdis Wil III), Basrol, S.Pd (Pengawas SMA Cabdis Wil III), Muhamad Idris, S.Pd., M.Si (Kepala UPT SMAN 1 Bone), Panitia, Orangtua, dan calon peserta didik.

Kepala UPT SMAN 1 Bone Muhammad Idris, S.Pd, MSi mengatakan jelang penerimaan peserta didik baru SMAN 1 Bone telah membuat link grup telegram bagi calon siswa baru. Melalui grup tersebut, calon siswa baru bisa memperoleh informasi mengenai jadwal maupun tahapan pendaftaran di SMAN 1 Bone.

“Antusias masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMAN 1 Bone terbilang besar. Itu terlihat dari pelaksanaan sosialisasi jumlah partisipan calon siswa baru sudah tembus diangka 502 orang. Sementara kuota SMAN 1 Bone hanya 200 lebih,” katanya.

Idris juga menjelaskan bahwa cara mendaftar masuk ke SMAN 1 Bone tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Tetap mendaftar secara online. Hanya saja, pembagian porsi jalur yang dapat ditempuh siswa ada sedikit perubahan.

“Di juknis tahun ini, jalur zonasi bertambah porsinya dari 50% menjadi 75% dari total kuota siswa baru yang akan diterima. Sementara, jalur Afirmasi sebanyak 15%, jalur perpindahan orangtua siswa 5%, dan jalur prestasi juga 5%,” bebernya.

Jika tidak ada aral melintang, jadwal PPDB jenjang SMA sudah mulai dibuka tanggal 14 Juni 2021.

“Jalur pertama yang kami buka adalah jalur zonasi. Menyusul Jalur Afirmasi, Perpindahan Orang Tua Siswa dan Prestasi,” tuturnya.

Yang menarik juga tahun ini, SMAN 1 Bone juga akan membuka Kelas Khusus Ekstra yakni Kelas Tahfidz. Nanti pada saat pembagian jurusan akan ada seleksi khusus. Ada interview kepada siswa baru karena hanya 1 kelas saja.

“Tenaga pengajarnya kita akan libatkan tenaga pengajar dari luar,” katanya.

“Ini barusan ada di sekolah umum,” tambahnya.

Ini menjadi pemikiran SMAN 1 Bone karena selama ini ada sejumlah perguruan tinggi membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur tahfidz. Dan ini selalu dominan diisi oleh alumni alumni dari sekolah pesantren. Alumni sekolah umum terpental di sini.

“Makanya kita mencoba alumni Smansa bisa terakomodir melalui jalur ini,” tuturnya.

Bukan hanya tahfidz tapi siswa juga akan dibarengi dengan pembinaan yang lain. Seperti, ceramah, tata cara shalat, memandikan jenazah dan lain-lainnya.

“Saya berharap semua anak anak dibekali dengan itu semua.
Kalau ini sudah jalan, kita mau undang Plt Gubernur untuk hadir menyaksikan. Apalagi beliau sebagai alumni SMAN 1 Bone,” imbuhnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top