Berita Terkini

Tak Punya Modal, Kakek Cerang Nekat Pinjam Uang ke Bank Untuk Bangun Ruang Bawah Tanah

RADARBONE.ID–Kakek Zainuddin atau karibnya disapa Kakek Cerang, mendadak viral di media sosial, setelah membuat bangunan di bawah tanah. Warga Dusun Cacae, Desa Awang Cenrana Kecamatan Cenrana ini, hampir dua tahun menggali halaman rumahnya. Ia membuat bangunan di bawah tanah dengan tangannya sendiri. Alat yang digunakan pun sederhana.

Hidup sebatang kara dan tak punya pekerjaan tetap, memaksa Kakek Cerang lebih banyak berdiam di rumah. Kondisi ini Ia manfaatkan untuk membuat bangunan bawah tanah.

Awalnya, sang kakek berniat membuat kolam ikan. “Saya awalnya mau buat kolam ikan dan kandang ayam. Cuman saat menggali, kemudian terpikir untuk membuat bangunan bawah tanah,” katanya saat disambangi penulis, Senin 3 Mei 2021.

Tak mudah menjangkau rumah si kakek. Butuh waktu 1 jam lebih perjalanan dari Kota Watampone. Akses jalan menuju rumah Kakek Cerang, juga rusak berat.

Untuk membangun ruang bawah tanah, Kakek Cerang nekat mengambil pinjaman bank sebesar Rp25 juta. “Saya gadaikan tanah kebun. Uangnya saya pakai untuk bangun ini,” katanya sembari menunjukkan hasil karyanya tersebut.

Ia mengaku, ruang bawah tanah yang dibangun masih jauh dari kata rampung. Kakek Cerang mengaku butuh dana membeli semen, untuk memperkuat hasil karyanya.

Pasalnya tanah yang labil menyebabkan ruang bawah tanah yang Ia buat, rawan ambruk. Ia juga butuh modal untuk atap, agar air hujan tidak masuk.

“Kalau hujan saya berhenti kerja. Takutnya ambruk, harus disemen untuk membuatnya kuat. Butuh dana Rp 50 juta. Kalau tidak disemen, sia-sia pekerjaan saya,” ucapnya.

Ia mengaku, keahlian membuat ruang bawah tanah diperoleh ketika di merantau dan bekerja di Malaysia. “Saya 10 tahun lebih di Malaysia. Kerja jadi buruh kelapa sawit. Lalu ikut teman, kerja bangunan,” katanya.

Dari sanalah, keahliannya mendesain dan membangun ruang bawah tanah.

“Dari kerja tukang batu saya dapat keahlian ini. Saya coba manfaatkan tanah di pekarangan rumah untuk bangun bangunan bawah tanah,” pungkasnya.

Sementara itu, tetangga Kakek Cerang, Hj Mase mengaku tak tahu jika si kakek ternyata membuat ruang bawah tanah.

“Tadi baru saya tahu, setelah videonya viral. Saya kira dia hanya menggali tanah, ternyata ada ruangan di bawah tanah yang dibuat,” pungkasnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top