Berita Utama

Disnaker Bone Bina Calon Pekerja Migran

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone Drs Asiswa Karim saat memberikan arahan dalam acara sosialisasi dan pembinaan terhadap Calon Pekerja Migran Indonesia.

BONE, RADARBONE.ID–Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bone menggelar acara sosialisasi peningkatan perlindungan dan kompetensi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) di Kecamatan Tanete Riattang Timur Jumat, 02 Juli 2021.

Dalam acara sosialisasi tersebut, mantan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bone Drs. Asiswa Karim menekankan pentingnya kelengkapan administrasi bagi Calon Pekerja Imigran Indonesia (CPMI) sebelum ke luar negeri mencari pekerjaan. Menurutnya kelengkapan administrasi bagi CPMI sebagai bentuk jaminan pemerintah, baik dalam pemberian layanan kesehatan, kesejahteraan ekonomi termasuk pemberian perlindungan pada saat bekerja di luar negeri.

“Untuk itu, saya meminta kepada keluarga maupun sahabat agar administrasi CPMI jadi perhatian utama sebelum keluar bekerja ke luar negeri,” katanya.

Sementara, Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Makassar, Mohd Agus Bustami SE MM mengatakan jika ada calon PMI yang mau ke luar negeri harus berkoordinasi dengan pemerintah. Harus melengkapi persyaratan untuk menjadi PMI legal diantaranya harus cukup umur, ada kompetensi bahasa, sehat jasmani dan rohani. Termasuk Memiliki kepesertaan BPJS ketenagakerjaan serta dokumen penduduk atau paspor.

“Maka dari itu, jika ada tawaran ke luar negeri untuk mendapatkan pekerjaan hati-hati. Karena sekarang luar negeri banyak perusahaan ditutup. Untuk itu lebih baik kita tanya kepada pemerintah,” ujarnya.

Hal serupa juga menjadi penekanan Kepala Bidang Penempatan Perluasan dan Kesempatan Kerja, Armin Hasri, SSos MSi. Sebagai CPMI sangat penting memahami kelengkapan administrasi sebelum meninggalkan kampung halaman.

“Makanya dalam sosialisasi ini, puluhan peserta kita libatkan. Termasuk pemerintah kelurahan yang ada di Kecamatan Tanete Riattang Timur,” imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top