Metropolis

KPPN Dorong Percepatan Penyaluran BLT Desa

RADARBONE.ID, WATAMPONE–KPPN Watampone terus mendorong percepatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bone, Soppeng dan Wajo (BOSOWA), c.q. BPKAD, DPMD dan Desa, agar dapat mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala KPPN Watampone, Rintok Juhirman berharap melalui percepatan penyaluran BLT oleh Pemda tersebut, tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam rangka mengurangi dampak adanya pandemi COVID-19 sekaligus mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Sampai dengan saat ini, BLT Desa telah tersalurkan oleh KPPN Watampone sebesar Rp77,28 miliar untuk 44.965 KPM. Dengan rincian Kabupaten Bone tersalur BLT Desa sebesar Rp43,36 miliar untuk 23.761 KPM, Kabupaten Soppeng sebesar Rp7,37 miliar untuk 3.512 KPM dan Kabupaten Wajo sebesar Rp26,54 miliar untuk 17.692 KPM,” katanya.

“Sementara itu, bila dilihat dari bulan penyaluran BLT Desa, Kabupaten Soppeng merupakan yang tercepat, seluruh desa sebanyak 49 telah salur BLT Desa sampai dengan bulan Juli 2021. Kabupaten Bone masih terdapat beberapa desa yang belum salur bulan April s.d. Juli 2021. Kabupaten Wajo terdapat 1 desa yang belum salur BLT Desa, dan 141 desa lainnya baru sampai bulan Mei 2021,” tambahnya.

Pemerintah, melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI Nomor 94/PMK.07/2021 tentang Perubahan atas PMK Nomor 17/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2021 dalam rangka Mendukung Penanganan Pandemi Covid-19 dan Dampaknya, telah memberi kemudahan guna mendukung percepatan penyaluran BLT Desa yaitu untuk kebutuhan penyaluran BLT Desa selama 3 (tiga) bulan.

“Oleh sebab itu, KPPN Watampone terus mendorong kepada Pemda di BOSOWA c.q. Desa untuk dapat melakukan percepatan penyaluran DD BLT agar lebih cepat bermanfaat bagi masyarakat dan percepatan pemulihan ekonomi Nasional,” imbuhnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top