Tak Berkategori

PHO, Lumbung Pangan di Dua Desa di Bone Segera Difungsikan

BONE, RADARBONE.ID–Pembangunan lumbung pangan di dua desa di Bone, yakni Desa Gona Kecamatan Kajuara dan Desa Unra Kecamatan Awangpone, masuk tahap PHO.

Proses PHO atau Profisional Hand Over adalah proses serah terima pertama pekerjaan. Bila berakhir masa pemeliharaan, maka dilakukan Final Hand Over (FHO) atau Serah Terima.

Kepala Seksi Cadangan Pangan, Ir Amir MSi mengatakan, Ada dua desa yang mendapat alokasi anggaran untuk lumbung pangan yakni Desa Unra Kecamatan Awangpone dan Desa Gona Kecamatan Kajuara.

“Anggaran untuk lumbung pangan ini bersumber dari DAK (Dana Alokasi Khusus) fisik tahun 2021. Jadi lokasinya semua ditentukan oleh pusat,” katanya.

Kadis Ketapang, HA Asman Sulaiman mengatakan, pihaknya memaksimalkan lumbung pangan untuk mencegah terjadinya kekurangan pangan saat musim paceklik.

Ia mengatakan keberadaan lumbung pangan sudah tersebar di beberapa desa.

Menurutnya, pemerintah setempat telah berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan produksi pangan dengan mendatangkan bibit unggul. Hal itu tidak lain untuk mempertahankan predikat Bone sebagai wilayah lumbung padi atau daerah surplus beras.

“Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan pangan yakni dengan memaksimalkan lumbung pangan,” kata mantan Camat Barebbo ini.

Upaya mengatasi kerawanan pangan, lanjutnya, saat ini sudah menjadi program nasional yang bertujuan menekan kemungkinan munculnya kerawanan pangan di masyarakat. Di tingkat daerah pun upaya itu dituntut untuk dijalankan.

Asman menegaskan, lumbung pangan masyarakat merupakan sarana untuk penyimpanan bahan pangan pokok dalam mewujudkan cadangan pangan masyarakat sebagai antisipasi masa paceklik, gejolak harga dan bencana alam.

Untuk semakin mengenalkan fungsi dan manfaat lumbung, sambung dia, perlu dilakukan sosialisasi kepada kelompok tani yang mengelola lumbung.

“Dan memang lumbung pangan ini dikelola oleh gabungan kelompok tani melalui swakelola,” tuturnya.

Selain memanfaatkan lumbungan pangan, Ketapang juga punya toko tani yang menyediakan beragam jenis bahan pokok masyarakat.

Keberadaan toko tani, imbuhnya, sebagai langkah pencegahan atas permainan harga para tengkulak yang merugikan petani.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top