Metropolis

Rintisan Jalan TMMD Ke-111 di Desa Baringeng Bangun Ekonomi Warga Menuju Swasembada Pangan

Laporan: Agustapa

RADARBONE.ID, WATAMPONE–Setelah 30 hari berjalan akhirnya Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-111 Tahun 2021 Kodim 1407/Bone ditutup, Rabu, 14 Juli 2021. TMMD yang menyasar 7 Km rintisan jalan di Dusun Lappadihompong Desa Baringeng Kecamatan Libureng ini ditutup langsung Kasipers Kasrem 141/TP atas amanah Danrem 141/Tp.

Penutupannya dihadiri langsung oleh Bupati Bone Dr. HA. Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si, Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, MM, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dalam hal ini Ketua DPRD Bone Kapolres Bone, Kajari Kab. Bone, Ketua Pengadilan Negeri serta Sekda Bone.

Bupati Bone selaku orang nomor 1 di Bumi Arung Palakka mewakili masyarakat Bone khususnya Warga Desa Baringeng, Bupati Bone memberikan apresiasi dan terima kasih kepada TNI dalam hal ini Kodim 1407/Bone atas terlaksananya TMMD di Baringeng.

“Apresiasi dan terima kasih atas nama warga desa Baringeng dengan terselenggaranya TMMD Ke-111, kegiatan ini memiliki sarat arti di mata masyarakat Bone khususnya warga Desa Baringeng yang saat ini menikmati betul manfaat dari TMMD,” pungkas Bupati Bone di hadapan undangan dalam sambutannya.

Lebih lanjut Bupati Bone menambahkan selain memiliki nilai ekonomis TMMD Ke-111 juga memiliki nilai strategis bagi masyarakat Desa baringeng, seperti dalam pengolahan hasil pertanian dengan terbukanya jalan yang dulunya masyarakat butuh tenaga ekstra membawa hasil pertanian dari kebun ke rumah untuk di jual, kini pembeli yang langsung menjemput hasil pertanian warga.

Hal serupa di sampaikan Beddu (60 tahun) salah satu warga Desa Baringeng. Kegiatan TMMD di Desa Baringeng sangat dirasakan manfaatnya. Terima kasih Puang, Yero lalenge diebburanga. Riolo depa gaga lalenge peddi uttu’e mallaleng tiwi wassele dareta loka Ri bolae, makkokoee maka nyameng (red. terima kasih bapak atas jalan yang dibuatkan kepada kami, dahulu sakit lutut kami berjalan bawa hasil pertanian kami, kini sangat mudah dengan adanya jalan ini),” ujarnya.

Sementar Kepala Desa Baringeng Akbar, S.H mengungkapkan banyak tinta emas yang di ukir oleh Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Baringeng dari seluruh aspek tersentuh bukan hanya kesejahteraan tetapi baik dari segi kesehatan, pendidikan bahkan rasa persaudaraan juga ditularkan.

Dari segi kesejahteraan warga Desa baringeng betul-betul terangkat, sebelum adanya jalan ini di buka oleh TMMD kami harus berputar gunung dengan berjalan kaki dan kemampuan kami terbatas untuk membawa hasil bumi kami seperti Jahe, Kemiri serta lombok yang kita tau harga jualnya cukup tinggi,” katanya.

“Setelah adanya jalan ini, pembeli datang ke kebun kami untuk membeli hasil kebun kami dan ada juga petani kami yang langsung membawa hasil pertanian mereka ke makassar dan harga jualnya makin tinggi,” tambahnya.

Selain itu dengan adanya jalan yang di buat TMMD silaturahmi keluarga antar Dusun Lappadihompong dengan Dusun Asarajange kini semakin dekat.

“Dulunya kita harus berjalan berputar 64 Km untuk ke dusun sebelah kini cukup menempuh 40 menit dengan jarak 7000 meter dari jalan yang di buat TMMD kita sudah sampai di dusun sebelah,” tuturnya.

Dari segi kesehatan warga Desa Baringeng sangat terbantu selama TMMD ini, setiap hari tenaga kesehatan dari bapak tentara memberikan pelayanan kesehatan dan ini juga sangat di rindukan masyarakat yang dulunya pelayanan kesehatan jarang bahkan susah dan dengan adanya jalan ini juga dapat membantu memudahkan bidan desa memberikan pelayanan kesehatan kepada warga.

Begitupun dari segi pengetahuan dengan pelaksanaan TMMD di banyak ilmu yang di sebarkan kepada kami baik Penyuluhan tentang pancasila sebagai idiologi Negara, Penyuluhan wawasan nusantara dan cinta tanah air, Sosialisasi Stunting, Posyandu dan pos bindu PTM, Sosialisasi tentang pencegahan penularan covid-19, Sosialisasi pertanian tentang budi daya tanaman jahe dan pemasarannya, Sosialisasi peternakan tentang peningkatan kwalitas cara penggemukan sapi dan insiminasi buatan, Sosialisasi tentang bahaya, ancaman dan hukum pengguna narkoba, Sosialisasi tentang pemeliharaan kamtibmas di desa dan Sosialisasi tentang bahaya faham radikalisme.

“Ada juga ilmu yang tak bisa bisa kami dapatkan dimanapun selain dari pelaksanaan TMMD ini. Dimana kami diajarkan rasa persaudaraan dan kebersamaan di mana ada bapak tentara yang berasal berbeda satuan ada dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara bahkan kepolisian yang berbaur menjadi satu hadir menjadi satu membangun desa kami meninggalkan keluarga mereka selama sebulan,” ujarnya.

Walau sibuk di lapangan dengan Program TMMD mereka juga menyempatkan diri membantu kami di rumah dan membuat diri mereka seperti di rumah sendiri membantu memasak, membersihkan halaman rumah bahkan sampai membantu kami ke kebun, luar biasa bapak tentara,” terang Kepala Desa Baringeng. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top