Berita Utama

Intervensi Daerah Rawan, Ketapang Bone Operasikan Lumbung Pangan

Kadis Ketapang Bone, HA Asman Sulaiman menyampaikan komitmennya, menekan angka daerah rawan pangan di Bone. Komitmen ini disampaikan Asman saat peresmian lumbung pangan di Desa Unra Kecamatan Awangpone, Senin 23 Agustus

BONE, RADARBONE.ID–Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Bone, resmi mengoperasikan lumbung pangan di dua lokasi yakni di Desa Unra Kecamatan Awangpone dan Desa Gona Kecamatan
Kajuara.

Pengoperasian lumbung pangan ini, ditandai dengan peresmian oleh Sekkab Bone, HA Islamuddin dan giling perdana rice milling unit (RMU), Senin 23 Agustus 2021.

“Saya berharap program ini terus berkelanjutan. Dan lebih banyak lagi desa rawan pangan yang diintervensi,” kata Sekkab Bone, HA Islamuddin.

Kadis Ketapang Bone, HA Asman Sulaiman mengatakan, tujuan pengembangan lumbung pangan masyarakat, salah satunya meningkatkan volume stok cadangan pangan, khususnya di desa yang masuk kategori rawan pangan.

Tujuan lainnya kata Asman, meningkatkan kemampuan pengurus dan anggota kelompok tani, dalam pengelolaan cadangan pangan.

“Termasuk penyediaan pangan secara optimal dan berkelanjutan,” tukasnya.
Disamping itu, Dinas Ketapang lanjut Asman juga akan menyerahkan bantuan untuk daerah rawa pangan.

Bantuan tersebut meliputi program family farming yang bersumber dari APBD Provinsi.

“Ada 10 lokasi rawan pangan yang kita sasar dengan nilai bantuan Rp193 juta per kelompok,” katanya.

Selanjutnya, bantuan P2L di empat lokasi senilai Rp55 juta per kelompok. Dan bantuan CSR Green House berskala besar senilai Rp500 juta.

Asman juga menyebutkan, Data FSVA (Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) menunjukkan selama tahun 2020 hingga 2021, terjadi penurunan yang cukup signifikan, desa atau kelurahan rawan pangan di Bone.

Tahun 2020, terdapat 61 desa rawan pangan di Bone. Kini (Tahun 2021), daerah rawan pangan di Bone sisa 18 desa.

“Harapan kami, agar program ini tetap terjaga dan berkelanjutaan. Kita juga minta tim monev melaporkan setiap bulan berjalan, sebagai tindak lanjut dan bahan evaluasi kami untuk tahun berikutnya,” tutupnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top