Metropolis

Dorong Pertumbuhan UMKM, KPPN Gelar Rakor Bersama Operator SIKP Bone

RADARBONE.ID, WATAMPONE–KPPN Watampone menggelar kegiatan rapat koordinasi (Rakor) yang diikuti oleh seluruh operator aplikasi Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kabupaten Bone bertempat di Aula KPPN dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Selasa (21/09/2021).

Kepala KPPN Watampone, Rintok Juhirman pada kesempatan tersebut membuka dan memimpin langsung jalannya acara didampingi oleh Fungsional PTPN, Fahrul Aprianto dan M. Lukman Syatir.

Disampaikan bahwa rakor tersebut sudah lama direncanakan, namun baru saat ini dapat dilaksanakan.

Selanjutnya disampaikan bahwa KPPN Watampone sebagai anggota Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), salah satu tugasnya yaitu mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk dapat mengakses pembiayaan kredit program melalui pemanfaatan aplikasi SIKP guna mengembangtumbuhkan usahanya.

Aplikasi SIKP sendiri, dibangun oleh Kementerian Keuangan c.q Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam rangka untuk mewujudkan ketepatan sasaran kredit program oleh Pemerintah.

Mengingat, pemerintah melakukan pembayaran subsidi bunga berdasarkan akad Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui aplikasi SIKP tersebut.

Di sisi lain, Pemerintah Daerah mempunyai kewajiban untuk melakukan input data calon debitur potensial pada aplikasi SIKP.

Sementara, Bank Penyalur KUR dapat memanfaatkan data calon debitur yang telah diinput oleh Pemda tersebut untuk menyalurkan KUR.

Dengan demikian, penyediaan data calon debitur potensial oleh Pemda diharapkan dapat terus dilakukan oleh operator aplikasi SIKP yang tersebar di beberapa dinas di Kabupaten Bone.

Pada kesempatan tersebut, masing-masing peserta diberikan kesempatan menyampaikan masukan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan input data calon debitur pada aplikasi SIKP dan mendapatkan solusinya. Selain itu, juga akan ditindaklanjuti dengan pertemuan berikutnya untuk lebih memfokuskan data UMKM.

Diharapkan melalui rakor tersebut, operator SIKP di Kabupaten Bone dapat terus melakukan input data calon debitur secara cepat dan akurat berdasarkan pendataan yang telah dilakukan oleh masing-masing dinas sebagai pembina UMKM. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top