Berita Utama

Datangi Gedung DPRD dan Pemkab, Massa Andi Hamzah Tolak Hitung Suara Ulang Pilkades Suwa

Aspirasi warga Desa Suwa yang merupakan kubu Andi Hamzah di kantor DPRD Bone, Senin 29 November kemarin. Mereka menolak penghitungan suara ulang. Dibagian lain, jalannya sidang gugatan sengketa pilkades Desa Hulo di Aula Kantor Bappeda Bone. Tim 9 memeriksa panitia pilkades dan anggota KPPS

BONE, RADARBONE.ID-Lebih dari 100 massa yang merupakan warga Desa Suwa Kecamatan Libureng mendatangi kantor DPRD Bone, Senin 29 November kemarin. Mereka merupakan pendukung dan loyalis calon kepala desa nomor urut 4, Andi Hamzah Said.

Warga yang dikoordinir Hardianto dari Forum Masyarakat Peduli Demokrasi Desa Suwa, membawa tiga tuntutan. Mereka menolak adanya penghitungan suara ulang di TPS 2 Desa Suwa yang dianggap bermasalah.

Warga juga meminta panitia kabupaten segera mengesahkan kemenangan Andi Hamzah berdasarkan hasil penghitungan suara di TPS.

“Kami juga meminta Bupati Bone (HA Fahsar M Padjalangi), melantik bapak Andi Hamzah selaku kepala desa terpilih berdasarkan hasil penghitungan suara yang kami nyatakan resmi karena diterima para saksi dari empat kandidat calon,” kata Hardianto.

Terpisah, Andi Hamzah Said menegaskan, sangat jelas adanya kecurangan ditingkat panitia. Ia juga mengaku, saat penghitungan suara, saksi dari nomor urut 1 yang pertama mengatakan bahwa kertas suara yang tercoblos lebih dari dua, itu dinyatakan batal.

“Tetapi kenapa pas selesai penghitungan suara, justru mereka yang kemudian menolak hasil itu,” tegasnya.

Sikapnya menolak penghitungan suara ulang, karena menganggap kertas suara tidak lagi steril, karena telah berpindah tempat.

“Saya rasa tidak perlu lagi dilakukan perhitungan karena kemenangan kami sudah jelas. Yang lucunya 30 menit setelah perhitungan baru dilakukan komplain,” katanya.

Dari hasil pemilihan dari 592 DPT di Desa Suwa TPS 1 berhasil dimenangkannya dengan jumlah suara sebanyak 128, sementara cakades nomor urut 1 (Incumbet) hanya memperoleh 87.

“Berbeda halnya di TPS 2, saya hanya mampu meraup suara 71 sementara incumbent 103. Namun dari hasil rekapitulasi saya menang 9 suara yaitu dengan total suara 199 sementara incumbent hanya 190,” bebernya.

Aspirasi warga Desa Suwa, diterima Anggota DPRD Bone, Andi Muh Salam, Andi Muh Idris Alang dan Andi Bobby Ishak.

“Aspirasi ini akan kita teruskan ke pimpinan DPRD. Nanti pimpinan menjadwalkan untuk RDPU (Rapat Dengar Pendapat Umum),” kata Idris Alang.

Sementara itu, Andi Muh Salam menggaransi aspirasi warga akan diproses hingga tuntas.

“Serahkan kepada kami bukti bahwa semua saksi telah menanda tangani hasil perhitungan. Kami akan kawal aspirasi ini,” kata Lilo sapaan akrabnya.

Uji Bukti Pelapor

Sementara di Aula Kantor Bappeda Bone, kembali berlangsung sidang gugatan sengketa Pilkades Desa Hulo Kecamatan Kahu.

Tim penyelesaian sengketa Pilkades yang beranggotakan 9 orang atau tim 9, memeriksa panitia dan KPPS sekaitan adanya kertas suara yang dibagikan ke pemilik suara tanpa dilengkapi stempel.

Tim 9 juga menghadirkan Sekretaris DPMD Bone, Andi Awaluddin sebagai saksi ahli.

Andi Awaluddin mengaku, kertas suara yang tidak distempel tidak mempengaruhi hasil pencoblosan.

“Itu stempel dan tandatangan memang diatur dalam regulasi, tetapi membatalkan proses sampai penetapan. Meski setelah pencoblosan baru distempel itu bisa saja,” ungkapnya.

Anggota tim 9, Andi Sugirman mengaku, pihaknya akan segera menyimpulkan hasil sidang.

“Karena yang dituntut adalah keabsahan kertas suara yang tidak distempel sebelum pencoblosan. Dan keabsahan itu yang akan diuji,” tuturnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top