Pendidikan

Momentum Hari Guru Nasional, SMKN 4 Bone Terbaik I Pameran Gebyar SMK Tingkat Provinsi

RADARBONE.ID, WATAMPONE–Mendapat kepercayaan dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Bone dan Sinjai mengikuti kegiatan gebyar pameran SMK dalam rangka Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021 di tingkat Provinsi ternyata tak disia-siakan oleh SMK Negeri 4 Bone.

Dibawah kepemimpinan Andi Faisal, SPd, MPd SMK Negeri 4 Bone berhasil keluar sebagai peserta Terbaik I se Sulsel. Menyusul terbaik kedua diraih oleh SMK Negeri 2 Pangkep dan terbaik III diraih oleh SMK Negeri 4 Tana Toraja.

Kepada RADAR BONE.ID, Ketua MKKS SMK Kabupaten ini mengaku bangga dan bersyukur karena mendapat kepercayaan untuk mewakili Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Bone dan Sinjai dalam ajang pameran Gebyar SMK di tingkat Provinsi Sulsel.

Penunjukkan SMKN 4 Bone sudah menjadi pertimbangan Kepala Cabang Disdik karena di SMKN 4 Bone produk kesiswaan memang memiliki keunikan tersendiri.

“Walau dengan persiapan yang minim, Alhamdulillah SMK Negeri 4 Bone mampu meraih predikat sebagai stand terbaik I pada kegiatan ini. Atas capaian itu, kami pun mendapat apresiasi berupa hadiah emas batangan seberat 1 gram plus piagam penghargaan yang diserahkan langsung Plt Kadis Pendidikan Provinsi Sulsel,” ujarnya.

Keberhasilan SMKN 4 Bone meraih predikat terbaik pertama pameran Gebyar SMK kata Andi Faisal tidak terlepas dari produk yang dipamerkannya. Dimana dalam ajang ini SMKN 4 Bone memamerkan produk inovasi dari dua jurusan, yaitu Teknik Pengelasan, dan Agribisnis Tanaman Pangan.

“Untuk Jurusan Teknik Pengelasan kami buat kursi kafe, barbeque atau tempat pembakaran ikan, kreasi tempat pensil dari bahan bekas, dan rak bunga. Sedangkan pada Jurusan Agribisnis dan Tanaman Pangan kami membuat terrarium, hidrogel, hiasan pot bunga dari botol bekas dan aneka olahan dari jahe,” katanya.

Dijelaskan, Terrarium adalah tanaman yang ditanam di dalam wadah yang terbuat dari kaca. Diibaratkan, wadah kaca ini merupakan pot yang menjadi tempat tumbuhnya tanaman yang dihiasi dengan pasir warna, kemudian terdapat hidrogel sebagai media tanam.

Tidak hanya itu kata Andi Faisal, SMKN 4 Bone juga sementara ini melakukan budidaya tanaman jahe untuk kemudian diolah menjadi sarabba, jahe mix dan teh wangi jahe instan berbentuk sachet.

“Produk yang kami pamerkan ini banyak menarik perhatian pengunjung. Bahkan jumlah pengunjung yang datang ke stand kami kurang lebih 100 orang. Kebanyakan dari mereka itu bertanya mengenai proses pembuatan teh jahe sachet mulai dari awal hingga akhir, bahkan beberapa diantara mereka minta diajar,” terangnya.

Termasuk banyak stand-stand sekolah lain digelaran Gebyar SMK HGN 2021 Sulsel ini mengabadikan produk-produk dari SMKN 4 Bone, untuk dikembangkan di sekolahnya masing-masing.

“Apa yang kita lakukan ini semua tidak terlepas dari visi dan misi SMKN 4 Bone yang selama ini kita kembangkan yaitu menelurkan peserta didik yang memiliki jiwa kewirausahaan. Melalui visi misi ini, kita senantiasa mengembangkan produk kreatif di setiap program keahlian, sehingga siswa dapat menghasilkan suatu produk yang bisa dipamerkan kepada khalayak dan memiliki nilai jual,” imbuhnya.

Sekadar diketahui bahwa dalam kegiatan pameran Gebyar SMK tingkat Provinsi ini tidak hanya diikuti oleh SMKN 4 Bone. Dari Cabang Disdik Wilayah III Bone dan Sinjai juga diikuti oleh SMKN 1 Bone (BLUD), SMKN 7 Bone (SMK-PK). (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top