Berita Utama

Warga Keturunan Bone di Surabaya Gelar Kegiatan di Atas Phinisi

Pengurus dan anggota Forum Komunikasi Masyarakat Bone Raya di Kota Surabaya usai menggelar kegiatan di atas kapal phinisi di Perak kemarin.

SURABAYA, RADARBONE.ID- Warga keturunan Bone, Sulawesi Selatan, berkumpul di atas kapal Ikhsan. Mereka bukan akan melakukan bepergian.

“Kami dari Forum Komunikasi Masyarakat Bone Raya atau (FKMBR) mengadakan pertemuan. Kebetulan, ada anggota kami yang menawarkan kapal phinisinya buat acara,” kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang Surabaya Forum Komunikasi Masyarakat Bone Syaifullah kemarin.

Selain itu, pertemuan tersebut juga untuk kerayakan setahun berdirinya organisasi yang sudah berbadan hukum itu. Tema kegiatan FKMBR tahun ini adalah akan pentingnya anggota untuk tidak melupakan asal muasalnya.

“Anggota FKMBR di Surabaya ada sekitar 1.000-an. Kebanyakan sudah keturunan kedua dan ketiga,” ujar Syaiful, sapaan karib Syaifullah.

Dia berharap kegiatan yang dilakukan ini bisa mengingatkan juga akan tanah lelulur. Meski, saat ini, sebagian besar dari anggotanya bukan lagi sebagai pelaut.

“Memang ada yang masih jadi pemilik kapal maupun pelaut. Tapi banyak dari kami yang menekuni profesi di luar itu,” terang Syaiful.

Suasana Bone semakin terasa dengan sajian makanan. Pengurus dan FKMBR menyantap ikan laut yang dibakar dan dimasak olahan.

“Kami seperti berada di kampung halaman,” ucap Syaiful.

Selain merayakan ulang tahun, FKMBR mengadakan kegiatan rutin pada Ramadhan dengan berbagai takjil. Hanya, dia ingin ada kegiatan yang lebih banyak lagi.

”Soal budaya Bone tengah kami pikirkan untuk ditampilkan,” tandas Syaiful.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top