Contoh Aksi Nyata Topik Bimbingan dan Konseling Layanan Dasar

Contoh Aksi Nyata Topik Bimbingan Konseling Layanan Dasar Pada Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Setelah menyelesaikan rangkaian latihan pemahaman, cerita refleksi, dan post-test, langkah selanjutnya untuk memperoleh sertifikat dalam Topik Bimbingan dan Konseling Layanan Dasar adalah dengan mengunggah Aksi Nyata.

 

Topik ini membahas salah satu aspek kunci dalam kurikulum merdeka yang dapat terintegrasi dengan layanan Bimbingan dan Konseling (BK).

 

Fokusnya adalah pada pentingnya pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik, termasuk pengembangan minat, bakat, dan kemampuan mereka.

 

Layanan BK di institusi pendidikan menjadi wadah bagi peserta didik untuk memahami dan merangkul diri serta lingkungan, mengembangkan potensi, merencanakan masa depan, mengatasi masalah, dan mencapai kemandirian.

 

Selain itu, layanan BK mendukung institusi pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional dengan membentuk karakter sesuai dengan nilai Pancasila.

 

Profil pelajar Pancasila menjadi dasar bagi layanan BK kepada peserta didik, sehingga dapat diintegrasikan dengan proyek penguatan profil pelajar Pancasila sesuai kebutuhan mereka.

 

Tujuan layanan BK adalah memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengatasi masalah dengan bantuan guru BK atau wali kelas, mencapai perkembangan optimal, dan kemandirian dalam aspek pribadi, belajar, sosial, dan karir.

 

Tujuan jangka panjangnya adalah menciptakan pembelajar sepanjang hayat yang kompeten, berperilaku sesuai dengan nilai Pancasila, dan berkarakter.

 

Institusi pendidikan diharapkan menyelenggarakan pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

 

Strategi implementasi layanan BK mencakup tiga aspek utama: implementasi di institusi pendidikan, pemberdayaan keluarga, dan kerjasama dengan mitra.

 

Dalam institusi pendidikan, strategi implementasi BK perlu dirancang menyeluruh untuk menjawab kebutuhan peserta didik dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang tersedia.

 

Untuk memastikan optimalnya proses pembelajaran, institusi pendidikan perlu melibatkan dan mendampingi orang tua, serta memahami kondisi keluarga peserta didik guna memberikan bimbingan yang tepat.

 

Selain itu, kemitraan dengan psikolog atau komunitas di sekitar dapat dilibatkan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik jika institusi pendidikan mengalami keterbatasan sumber daya.

 

Sebagai referensi, berikut link download contoh aksi nyata yang dapat digunakan sebagai panduan penyusunan laporan aksi nyata pada Topik Bimbingan dan Konseling Layanan Dasar.

 

Link download file Contoh Aksi Nyata Topik Bimbingan Konseling Layanan Dasar