Metropolis

Target WTP Ketujuh, BKAD Bone Satukan Persepsi Penyusunan Laporan Keuangan Daerah

RADARBONE.ID, WATAMPONE–Pemerintah Kabupaten Bone melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bone menggelar konsolidasi dan rekonsolidasi penyusunan laporan keuangan daerah tahun 2021 bertempat di di Novena Hotel, Selasa, 11 Januari 2022.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Kejaksaan Negeri Bone dan Badan Pertanahan serta dokumen pelaksanaan anggaran SKPD tahun anggaran 2022.

Bupati Bone, Dr HA Fahsar M Padjalangi MSi sambutannya menyampaikan bahwa pengelolaan pelaporan keuangan daerah menerapkan akuntansi pemerintah berbasis akrual. Dimana dalam pelaporan keuangan transaksi dan peristiwa lainnya diakui dan disajikan pada laporan masing-masing Organisasi perangkat daerah.

“Penyusunan LKPD tahun 2021 sangat penting, mengingat rencana kedatangan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Makassar pada minggu kedua bulan Januari sehingga perlu laporan percepatan penyelesaian,” ungkapnya.

Adapun langkah yang ditekankan para OPD dan camat yakni bekerjasama laporan keuangan OPD dan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) sesuai dengan waktu yang ditentukan, serta menyajikan laporan keuangan dengan informatif, transparan dan akuntabel.

“Begitu juga sekiranya ada hambatan hambatan agar kooperatif apalagi kita sudah enam kali mendapatkan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan ini harus kita jaga jangan sampai lepas karena predikat WTP merupakan pintu masuk kita mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID),” katanya.

Dalam hal pelaporan keuangan kata Fahsar juga dilakukan pemeriksaan aset daerah, sehingga untuk penataan aset telah dilakukan berbagai upaya seperti pelaporan tertib pengelolaan dan legalitas aset.

Karena itu semua merupakan indikator dalam monitoring KPK melalui MCP.

Diakhir sambutannya, bupati dia periode ini juga menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Kejaksaan Negeri Bone dan Kantor Pertanahan karena berkat kerjasamanya pemerintah Kabupaten Bone berhasil melakukan pengembakian 27 unit kendaraan dinas dan pengosongan rumah dinas tiga unit. Termasuk peran Badan Pertanahan Kabupaten Bone yang telah membantu pemerintah dalam melegalisasi aset-aset pemda Kabupaten Bone.

Hal serupa juga diungkapkan Kepala BKAD Bone H Najamuddi SSos, MM. Konsolidasi ini salah satu upaya dalam menyatukan persepsi dalam penyusunan laporan keuangan daerah. Dan tak lupa juga ia mengucapkan terima kasih kepada Kejaksaan atas sinergitasnya dalam membantu pemerintah dalam penertiban aset-aset randis dan rumah dinas pemerintah daerah. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top