Sebagai acuan pembelajaran, capaian pembelajaran diturunkan menjadi

Sebagai acuan pembelajaran, capaian pembelajaran diturunkan menjadi

Artikel ini akan memberikan referensi kunci jawaban dari pertanyaan Sebagai acuan pembelajaran, capaian pembelajaran diturunkan menjadi

 

Untuk menjawab dan menjelaskan pertanyaan sebagai acuan pembelajaran, capaian pembelajaran disesuaikan dengan informasi pendukung yang dapat digunakan untuk pembelajaran.

 

Ini bertujuan untuk memperluas pemahaman dan memudahkan pemahaman terhadap materi yang terkait. Meskipun sumbernya berbeda dengan buku pelajaran, informasi tambahan ini masih mengikuti panduan yang telah ditetapkan dalam kurikulum.

 

Berikut adalah jawaban untuk pertanyaan sebagai acuan pembelajaran capaian pembelajaran yang disesuaikan dengan penjelasan lengkapnya.

 

Soal

Sebagai acuan pembelajaran, capaian pembelajaran diturunkan menjadi

 

Jawaban

Capaian Pembelajaran (CP) sebagai acuan pembelajaran diturunkan menjadi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

 

Pembahasan

Isi Dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah peta perjalanan pembelajaran yang menggambarkan urutan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai murid dalam satu fase pendidikan. ATP memuat:

  1. Tujuan pembelajaran per fase: Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai murid dalam satu fase pendidikan, seperti SD, SMP, atau SMA.
  2. Tujuan pembelajaran per semester: Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai murid dalam satu semester.
  3. Tujuan pembelajaran per minggu: Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai murid dalam satu minggu.
  4. Kegiatan pembelajaran: Kegiatan yang dirancang untuk membantu murid mencapai tujuan pembelajaran.
  5. Penilaian: Penilaian yang digunakan untuk mengukur apakah murid telah mencapai tujuan pembelajaran.

 

Proses penurunan CP menjadi ATP

  1. Identifikasi CP: Memahami CP yang ingin dicapai dalam satu fase pendidikan.
  2. Menentukan tujuan pembelajaran per fase: Merumuskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai murid dalam satu fase pendidikan berdasarkan CP.
  3. Menentukan tujuan pembelajaran per semester: Merumuskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai murid dalam satu semester berdasarkan tujuan pembelajaran per fase.
  4. Menentukan tujuan pembelajaran per minggu: Merumuskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai murid dalam satu minggu berdasarkan tujuan pembelajaran per semester.
  5. Mengembangkan kegiatan pembelajaran: Merancang kegiatan pembelajaran yang membantu murid mencapai tujuan pembelajaran.
  6. Mengembangkan instrumen penilaian: Menyusun instrumen penilaian untuk mengukur apakah murid telah mencapai tujuan pembelajaran.
Baca juga:  Anda sudah menyusun aksi nyata program sekolah ramah sampah dengan membagi tugas kepada orang-orang yang tepat sesuai dengan kemampuannya

 

Fungsi ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

ATP memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  1. Merencanakan pembelajaran yang terarah dan sistematis.
  2. Memilih materi pembelajaran yang sesuai.
  3. Menentukan strategi pembelajaran yang tepat.
  4. Mengembangkan instrumen penilaian yang efektif.

 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan turunan dari Capaian Pembelajaran (CP) yang berfungsi sebagai acuan pembelajaran. ATP memuat tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian yang membantu murid mencapai CP dalam satu fase pendidikan.