Berikut yang tidak termasuk prinsip pembelajaran yang berpihak pada murid adalah?

Berikut yang tidak termasuk prinsip pembelajaran yang berpihak pada murid adalah?

Artikel ini akan memberikan referensi kunci jawaban dari pertanyaan berikut yang tidak termasuk prinsip pembelajaran yang berpihak pada murid adalah?

 

Pertanyaan yang diajukan berfokus pada prinsip pembelajaran yang tidak mendukung kepentingan siswa. Soal ini merupakan bagian dari ujian Cerita Reflektif Modul 2 tentang topik Kurikulum di platform Merdeka Mengajar.

 

Soal-soal di platform tersebut diperuntukkan khusus bagi guru yang terdaftar dalam pelatihan Merdeka Mengajar. Oleh karena itu, seluruh pertanyaan di ujian Cerita Reflektif Modul 2 tentang topik Kurikulum harus dijawab oleh peserta.

 

Penjelasan terkait pertanyaan yang tidak termasuk prinsip pembelajaran yang berpihak pada siswa disusun agar memudahkan para guru dalam menemukan jawaban yang sesuai.

 

Namun, perlu diingat bahwa penjelasan yang diberikan bukanlah kunci jawaban, tetapi sebagai panduan bagi peserta Merdeka Mengajar untuk menemukan jawaban yang tepat sesuai dengan materi yang ada dalam Modul 2 tersebut.

 

Soal

Berikut yang tidak termasuk prinsip pembelajaran yang berpihak pada murid adalah?

(A) Mempertimbangkan kebutuhan capaian belajar murid saat ini.

(B) Membangun kapasitas belajar murid menjadi pembelajar sepanjang hayat.

(C) Mendukung perkembangan kognitif dan karakter murid.

(D) Mengusahakan seluruh materi selesai diajarkan dalam satu tahun ajaran.

 

Jawaban

Mengusahakan seluruh materi selesai diajarkan dalam satu tahun ajaran (jawaban D).

 

Pembahasan

Prinsip Pembelajaran Berpihak Pada Murid

Pembelajaran yang berpihak pada murid memiliki beberapa prinsip, yaitu:

  1. Fokus pada murid: Pembelajaran berfokus pada kebutuhan, minat, dan kemampuan setiap murid.
  2. Pembelajaran yang relevan: Materi pembelajaran yang dipelajari murid harus relevan dengan kehidupan dan pengalaman mereka.
  3. Pembelajaran yang bermakna: Murid harus memahami makna di balik materi yang mereka pelajari dan dapat menghubungkannya dengan pengetahuan sebelumnya.
  4. Pembelajaran yang menantang: Pembelajaran harus memberikan tantangan yang sesuai dengan kemampuan murid agar mereka dapat terus berkembang.
  5. Pembelajaran yang aman dan inklusif: Semua murid merasa aman, dihargai, dan dilibatkan dalam proses pembelajaran.
Baca juga:  Berikut ini merupakan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, kecuali

 

Opsi D tidak sesuai dengan prinsip pembelajaran yang berpihak pada murid karena:

  • Fokusnya pada penyelesaian materi, bukan pada kebutuhan murid. Hal ini dapat menyebabkan murid dipaksa untuk mempelajari materi yang tidak sesuai dengan kemampuannya atau tidak relevan dengan kehidupannya.
  • Menganut pola pikir “satu ukuran cocok untuk semua” (one-size-fits-all). Hal ini tidak mempertimbangkan perbedaan kemampuan dan kecepatan belajar murid.
  • Menimbulkan tekanan pada murid dan guru. Guru mungkin merasa tertekan untuk menyelesaikan semua materi dalam satu tahun ajaran, dan murid mungkin merasa tertekan untuk mencapai nilai yang tinggi.