Bone Raya

Tak Miliki Buku Nikah, KUA Ulaweng Fasilitasi Pasangan Suami Istri Sidang Isbat di Pengadilan Agama

RADARBONE.ID, WATAMPONE–Meski terbilang baru menjabat sebagai Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ulaweng, H. Muhammad Saleh, SPdI, MPd telah membuat gebrakan baru dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kecamatan Ulaweng.

Terutama bagi pasangan suami istri yang belum memiliki buku nikah diberikan kemudahan untuk menjalani sidang isbat nikah di Pengadilan Agama Watampone.

Kepada penulis mantan Kepala KUA Ajangale ini mengaku masih banyak pasangan suami istri yang tak dilengkapi dengan buku nikah. Padahal buku nikah bukan hanya sekadar menjadi bukti pasangan suami istri di mata hukum, namun buku nikah juga menjadi syarat administrasi dalam membuat akta kelahiran.

“Bahkan untuk menunaikan ibadah haji buku nikah juga menjadi salah satu kelengkapan administrasi,” tuturnya.

Menyadari akan pentingnya buku nikah untuk dimiliki bagi pasangan suami istri selaku KUA sudah menjadi kewajibannya untuk memberikan kemudahan masyarakat untuk menjalani isbat nikah, sehingga kedepan tidak ada lagi pasangan suami istri yang tak dilengkapi dengan buku nikah.

“Saya mendapat amanah sebagai KUA di Kecamatan Ulaweng sejak tanggal 22 Februari 2021. Dan dibulan April warga yang tak memiliki buku nikah saya fasilitasi menjalani sidang Isbat Nikah yang digelar di Kecamatan Palakka. Setelah itu, masyarakat yang belum terakomodir dalam sidang isbat tersebut, saya fasilitasi menjalani sidang Isbat Nikah langsung ke Pengadilan Agama Watampone,” tuturnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top