Artikel ini akan memberikan referensi kunci jawaban dari pertanyaan Pertimbangan apa saja yang mempengaruhi anda dalam merumuskan tujuan pembelajaran
Di sini, kamu akan menemukan berbagai kunci jawaban yang bisa kamu jadikan referensi yang diambil dari berbagai sumber terpercaya. Kunci jawaban ini disajikan dengan jelas dan mudah dipahami, sehingga kamu dapat mempelajari dan memahami konsep dengan lebih baik.
Soal
Pertimbangan apa saja yang mempengaruhi anda dalam merumuskan tujuan pembelajaran?
Jawaban
Pertimbangan Apa Saja Yang Mempengaruhi Anda Dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran
Berikut adalah beberapa pertimbangan yang mempengaruhi saya dalam merumuskan tujuan pembelajaran:
-
Capaian Pembelajaran (CP)
Tujuan pembelajaran harus selaras dengan CP yang ingin dicapai dalam satu fase pendidikan. CP memuat kompetensi inti dan konten esensial yang harus dikuasai murid.
-
Karakteristik Murid
Tujuan pembelajaran harus mempertimbangkan karakteristik murid, seperti usia, kemampuan awal, gaya belajar, dan minat. Tujuan pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik murid akan sulit dicapai.
-
Konteks Pembelajaran
Tujuan pembelajaran harus mempertimbangkan konteks pembelajaran, seperti waktu, tempat, dan sumber daya yang tersedia. Tujuan pembelajaran yang tidak realistis dan tidak dapat dicapai dengan sumber daya yang tersedia akan sia-sia.
-
Kebermaknaan
Tujuan pembelajaran harus bermakna dan bermanfaat bagi murid. Tujuan pembelajaran yang tidak bermakna akan membuat murid tidak tertarik untuk belajar.
-
Ketepatan Kata Kerja
Tujuan pembelajaran harus dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang jelas dan terukur. Hal ini untuk memastikan bahwa tujuan pembelajaran dapat diukur dan dievaluasi.
-
Tingkat Kesulitan
Tujuan pembelajaran harus memiliki tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan murid. Tujuan pembelajaran yang terlalu sulit akan membuat murid frustasi, sedangkan tujuan pembelajaran yang terlalu mudah akan membuat murid bosan.
-
Keseimbangan
Tujuan pembelajaran harus seimbang antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Hal ini untuk memastikan bahwa murid berkembang secara holistik.