Pertimbangan apa saja yang mempengaruhi anda dalam merumuskan tujuan pembelajaran

Pertimbangan apa saja yang mempengaruhi anda dalam merumuskan tujuan pembelajaran?

Artikel ini akan memberikan referensi kunci jawaban dari pertanyaan Pertimbangan apa saja yang mempengaruhi anda dalam merumuskan tujuan pembelajaran

 

Di sini, kamu akan menemukan berbagai kunci jawaban yang bisa kamu jadikan referensi yang diambil dari berbagai sumber terpercaya. Kunci jawaban ini disajikan dengan jelas dan mudah dipahami, sehingga kamu dapat mempelajari dan memahami konsep dengan lebih baik.

 

Soal

Pertimbangan apa saja yang mempengaruhi anda dalam merumuskan tujuan pembelajaran?

 

Jawaban

Pertimbangan Apa Saja Yang Mempengaruhi Anda Dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang mempengaruhi saya dalam merumuskan tujuan pembelajaran:

 

  1. Capaian Pembelajaran (CP)

Tujuan pembelajaran harus selaras dengan CP yang ingin dicapai dalam satu fase pendidikan. CP memuat kompetensi inti dan konten esensial yang harus dikuasai murid.

 

  1. Karakteristik Murid

Tujuan pembelajaran harus mempertimbangkan karakteristik murid, seperti usia, kemampuan awal, gaya belajar, dan minat. Tujuan pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik murid akan sulit dicapai.

 

  1. Konteks Pembelajaran

Tujuan pembelajaran harus mempertimbangkan konteks pembelajaran, seperti waktu, tempat, dan sumber daya yang tersedia. Tujuan pembelajaran yang tidak realistis dan tidak dapat dicapai dengan sumber daya yang tersedia akan sia-sia.

 

  1. Kebermaknaan

Tujuan pembelajaran harus bermakna dan bermanfaat bagi murid. Tujuan pembelajaran yang tidak bermakna akan membuat murid tidak tertarik untuk belajar.

 

  1. Ketepatan Kata Kerja

Tujuan pembelajaran harus dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang jelas dan terukur. Hal ini untuk memastikan bahwa tujuan pembelajaran dapat diukur dan dievaluasi.

Baca juga:  Teknik menggambar menggunakan unsur garis lurus dan garis lengkung disebut dengan

 

  1. Tingkat Kesulitan

Tujuan pembelajaran harus memiliki tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan murid. Tujuan pembelajaran yang terlalu sulit akan membuat murid frustasi, sedangkan tujuan pembelajaran yang terlalu mudah akan membuat murid bosan.

 

  1. Keseimbangan

Tujuan pembelajaran harus seimbang antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Hal ini untuk memastikan bahwa murid berkembang secara holistik.