Pendidikan

Jadi Sasaran Program SMK-PK, Jurusan Perhotelan SMKN 7 Bone Dapat Pendampingan Dari Politeknik Negeri Bali

Kepala UPT SMKN 7 Bone Syamsuddin, S.Pd., M.Pd saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan sosialisasi dan koordinasi SMK Pusat Keunggulan. Turut hadir Kacadisdik Wilayah III Drs. Andi Syamsu Alam, M.Pd dan Ketua Komite Muhammad Tang SPd, MPd

RADARBONE.ID, WATAMPONE–SMK Negeri 7 Bone dibawah kepemimpinan Syamsuddin, S.Pd., M.Pd terus mengalami kemajuan dan peningkatan. Setelah memperoleh bantuan pembangunan gedung perhotelan melalui program SMK COE tahun 2020, tahun ini sekolah kejuruan yang mengembangkan program keahlian Perhotelan, Multimedia, Pemasaran dan Tata Busana ini kembali keciprat bantuan non fisik penguatan pembelajaran SMK Pusat Keunggulan (PK) tahun 2021 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala SMKN 7 Bone Syamsuddin, S.Pd., M.Pd mengaku bersyukur karena tahun ini SMKN 7 Bone menjadi salah satu sekolah kejuruan penerima bantuan program SMK-PK dalam rangka pengembangan program keahlian perhotelan. Bentuk kegiatan dari program ini berupa workshop dan pengembangan karakter dan budaya kerja kepada para guru untuk diimplementasikan kepada para peserta didik di sekolah. “Harapannya agar SMKN 7 Bone bisa menjadi sekolah Pusat Keunggulan di Kabupaten Bone dalam bidang Perhotelan,” ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan Wakasek SDM SMKN 7 Bone Asriadi, S.Pd., M.Pd. Tak sedikit program atau bentuk kegiatan dalam program SMK-PK ini. Kegiatannya dimulai dari Sosialisasi dan Koordinasi pengembangan SMK-PK meliputi sosialisasi kepada warga sekolah dan workshop penyusunan program 2021 dan revisi peta jalan.

Selanjutnya, Implementasi Link dan Match. Di sini meliputi penguatan kerja sama sekolah dan DUDIKA, penyelarasan kurikulum, pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian PKL bersama DUDIKA, Pelaksanaan Magang berertifikat untuk guru, pelaksanaan komitmen DUDIKA untuk rekruitmen dan penyaluran lulusan serta update teknologi dari DUDIKA pada guru.

Tidak berhenti disitu saja, ada juga pengembangan karakter dan penguatan budaya kerja berbasis profil pelajar pancasila. Di sini meliputi workshop penguatan karakter dan budaya kerja, workshop penguatan ekosistem GSM, penerapan budaya kerja di lingkungan sekolah (pembenahan bengkel/ruang praktik), penerapan sekolah bebas perundungan (Bulyying). “Dalam kegiatan ini, kita didampingi langsung oleh Pendamping Nasional SMK PK dari Poltekik Negeri Bali I Ketut Suarta SE, M.Si,” terangnya.

Pendamping Nasional SMK PK dari Politekik Negeri Bali I Ketut Suarta SE, M.Si menjelaskan bahwa SMK-PK merupakan program nasional yang dibuat oleh pemerintah pusat yaitu pendidikan vokasi khusus SMK. Di sini Pemerintah sangat konsen bagaimana mengembangkan SDM yang unggul. “Melalui program ini pemerintah berharap tidak terjadi ketimpangan dalam hal SDM maupun fasilitas antara sekolah yang satu dengan sekolah yang lain,” terangnya.

“Untuk mensukseskan program SMK-PK dibuatlah pendampingan dari perguruan tinggi. Saya kebetulan pendamping dari Politekni Negeri Bali yang mendampingi SMKN 7 Bone untuk bidang perhotelan dengan harapan nanti benar-benar 4 tahun kedepan SMKN 7 Bone bisa menjadi sekolah pusat keunggulan di Bone pada khususnya di Sulsel pada umumnya,” tambahnya.

Di sini bentuk pendampingan yang diberikan yaitu membantu mereka merealisasikan peta jalan yang mereka sudah susun. Seperti di tahun 2021 ini ada beberapa kegiatan perlu pendampingan khususnya dengan pengembangan SDM dan pengembangan kurikulum, pengembangan budaya kerja, penguasaan teknologi, dan pengembangan kurikulum sekolah. “Makanya kita datangkan General Manager Helios Hotel, General Manager Grand Nur Hotel, dan General Manager The One Legion Hotel Bali untuk memberikan pemahaman kepada guru mengenai budaya kerja, dan karakter yang harus ditanamkan oleh siswa. Bahkan hari terakhir akan kita pertemukan mereka dengan Harper Perintis Ujung Pandang untuk lebih mengembangkan lagi potensi SMKN 7 Bone. Mudah-mudahan beliau siap bekerja sama tidak hanya untuk pelaksanaan magang termasuk menyerap alumni SMKN 7 Bone untuk bekerja. Apalagi beliau itu adalah Ikatan General Maneger Indonesia,” imbuhnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top