Berikut inilah jawaban mengenai pertanyaan berbunyi ada 3 aspek dalam pembelajaran berdiferensiasi yaitu?
Mari simak pembahasan 3 aspek dalam pembelajaran berdiferensiasi berikut ini.
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan suatu proses belajar mengajar yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari materi pelajaran sesuai dengan kemampuan, minat, dan kebutuhan individu masing-masing.
Dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi, terdapat tiga aspek yang dapat dibedakan oleh guru agar peserta didik dapat memahami bahan pelajaran dengan lebih baik. Ketiga aspek tersebut adalah aspek konten, aspek proses atau kegiatan bermakna, dan aspek produk berupa pembuatan produk yang dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
3 Aspek Pembelajaran Berdiferensiasi:
-
Aspek Konten
Aspek konten merujuk pada materi yang akan diajarkan atau dipelajari oleh guru dan peserta didik. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, ada dua cara untuk membuat konten pelajaran berbeda, yaitu menyesuaikan materi berdasarkan tingkat kesiapan dan minat peserta didik, serta menyesuaikan cara penyampaian berdasarkan profil belajar masing-masing peserta didik.
Guru dapat mendiferensiasi konten dengan menggunakan strategi seperti menggunakan materi yang bervariasi, kontrak belajar, pembelajaran mini, berbagai moda pembelajaran, dan menyediakan sistem pendukung yang beragam.
-
Aspek Proses
Aspek proses mencakup kegiatan yang dilakukan peserta didik di dalam kelas. Kegiatan ini harus memiliki makna bagi peserta didik sebagai pengalaman belajar, dan bukan kegiatan yang tidak berkaitan dengan materi yang dipelajari.
Penilaian kegiatan ini bersifat kualitatif, mencakup catatan umpan balik terkait sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang perlu diperbaiki oleh peserta didik.
Kegiatan tersebut harus dibedakan berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar peserta didik.
-
Aspek Produk
Produk dalam pembelajaran berdiferensiasi adalah hasil akhir yang menunjukkan kemampuan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman peserta didik setelah menyelesaikan suatu unit pelajaran atau bahkan selama satu semester.
Produk bersifat sumatif dan diberi nilai. Produk ini memerlukan waktu lebih lama untuk diselesaikan dan melibatkan pemahaman yang lebih mendalam dari peserta didik.
Produk dapat dikerjakan secara individu atau kelompok, dengan perluasan sistem penilaian yang adil untuk kelompok. Produk harus berdiferensiasi sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil belajar peserta didik.
Dengan menerapkan tiga aspek pembelajaran berdiferensiasi ini, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan mereka.