Pada kesempatan kali ini kami akan menjawab pertanyaan yaitu Anda sudah menyusun aksi nyata program sekolah ramah sampah. dengan membagi tugas kepada orang-orang yang tepat sesuai dengan kemampuannya. siapa yang bertugas sebagai kontroler atau evaluator. pernyataan di atas menggambarkan tindakan yang
Pernyataan di atas menggambarkan jenis soal yang terdapat dalam tes awal Modul 1 Guru Penggerak. Calon Guru Penggerak diimbau untuk mengerjakan soal tersebut dengan maksimal agar dapat melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya.
Ulasan soal mengenai penyusunan aksi nyata program sekolah ramah sampah dengan membagi tugas kepada orang-orang yang tepat sesuai dengan kemampuannya, dan menentukan kontroler atau evaluator disajikan untuk membantu para calon Guru Penggerak dalam memahami jenis soal yang diujikan dalam tes.
Namun perlu diingat bahwa paparan yang diberikan tidak dijamin akan benar secara mutlak. Hal ini karena ini hanyalah sarana belajar dalam menemukan kunci jawaban yang benar.
Berikut ini uraian mengenai soal Anda mengenai penyusunan aksi nyata program sekolah ramah sampah, dengan membagi tugas kepada orang-orang yang tepat sesuai dengan kemampuannya, dan menentukan kontroler atau evaluator. Uraian ini dapat dipelajari agar para calon Guru Penggerak dapat menemukan jawaban yang benar.
Soal
Anda sudah menyusun aksi nyata program sekolah ramah sampah. Dengan membagi tugas kepada orang-orang yang tepat sesuai dengan kemampuannya. Siapa yang bertugas sebagai kontroler atau evaluator. Pernyataan di atas menggambarkan tindakan yang Mengungkap fakta yang positif dari anggota komunitas yang telah dilakukan sekolah
Jawaban
Mendorong perubahan dan tindakan nyata
Pembahasan
Langkah-langkah nyata yang mendorong perubahan dan aksi konkret dari para guru yang telah menginisiasi program sekolah ramah sampah dan membagi tugasnya memiliki implikasi yang sangat signifikan.
Melalui tindakan riil ini, para guru dapat memberikan dampak langsung pada lingkungan sekolah dan sekitarnya dengan mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan serta mengelola sampah secara lebih efisien.
Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk mengajarkan nilai-nilai lingkungan kepada para siswa, memotivasi generasi muda untuk peduli terhadap lingkungan, dan menanamkan konsep tanggung jawab dan keberlanjutan.
Program ini juga mendorong kolaborasi antar guru, pembelajaran berbasis tim, dan pengembangan keterampilan kepemimpinan di antara staf pengajar.
Selain manfaat internal bagi sekolah, tindakan nyata ini juga membentuk citra positif bagi sekolah, meningkatkan daya tarik bagi calon siswa, mendapatkan dukungan dari orang tua, dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi lingkungan yang berlaku.
Yang paling penting, langkah-langkah nyata ini memberikan contoh yang kuat bagi para siswa tentang pentingnya bertindak nyata dalam menciptakan perubahan positif dalam masyarakat, menggambarkan bahwa tindakan konkret adalah kunci untuk membawa perubahan yang positif.