Pantai Lanji Batu Belah, Keindahan Tersembunyi di Bali

Jika lo sedang nyari tempat liburan yang masih jarang dibicarakan tapi punya keindahan alam yang asli, maka Pantai Lanji Batu Belah di Bali Timur bisa jadi pilihan yang lo pertimbangkan.

 

Kawasan Kabupaten Karangasem, yang jadi bagian dari destinasi wisata Bali Timur, punya banyak tempat rekreasi yang menarik buat keluarga, anak-anak, remaja, atau dewasa.

 

Bali Timur, yang punya garis pantai langsung ke laut, nggak kalah menakjubkan pemandangannya dengan Bali Selatan.

 

Pantai Lanji Batu Belah adalah salah satu dari banyaknya pantai tersembunyi di sini.

 

Objek Wisata Pantai Lanji Batu Belah Karangasem

Mungkin namanya masih asing buat lo, terutama kalau lo turis lokal atau bahkan orang Bali yang bukan dari Karangasem.

 

Pantai Lanji Batu Belah memang belum sepopuler tetangganya, kayak pantai Tulamben atau Amed, yang jadi tujuan wajib di Kabupaten Karangasem dan Bali Timur.

 

Tapi, jangan salah Bro. Pantai Lanji Batu Belah punya daya tariknya sendiri. Suasananya tenang dan indah banget, bikin tempat ini jadi salah satu destinasi wisata yang layak dicoba, terutama buat lo yang cari tempat liburan yang nggak rame.

 

Di Pantai Lanji Batu Belah, ada berbagai fasilitas pariwisata, mulai dari penginapan sampai restoran yang jual makanan enak.

 

Sekitar 100 meter di utara pantai, lo bakal nemuin spot diving yang keren buat snorkeling atau menyelam.

 

Nggak cuma itu, lo juga nggak perlu khawatir soal parkir karena pantai ini punya tempat parkir yang luas, plus ada warung makan dan minuman buat segar-segaran.

 

Jadi, kalau lo pengen merasakan keindahan alam pantai yang masih alami dan tenang, Pantai Lanji Batu Belah ini jadi destinasi yang wajib lo kunjungi di Bali Timur.

 

Keindahan Pantai Lanji Batu Belah dan Pura Manik Kembar di Karangasem Bali

Tempat ini punya cerita menarik yang bikin namanya jadi “Batu Belah”. Katanya, di sini ada mata air tawar yang keluar dari celah batu, dan air ini dianggep suci.

 

Pas air laut pasang, mata air itu kebanyakan tertutup sama air laut. Tapi, kalau pas air laut surut, airnya keliatan lagi dari celah batu.

Baca juga:  13 Cafe Outdoor di Malang Dengan Suasana Nyaman

 

Air laut di Pantai Lanji Batu Belah ini jernih banget. Kalau lo berdiri di tebing dekat pura dan liat ke laut, lo bakal kagum sama keindahan air laut yang keliatan banget, plus batu-batu koralnya yang menarik. Ini pemandangan alam indah yang masih jarang orang tahu.

 

Pantai Lanji Batu Belah Karangasem

Pantai Lanji Batu Belah ini punya daya tarik dan keunikan sendiri. Sekarang, mungkin pantai ini belum terlalu populer, tapi kalau dipromosikan dan dikembangkan dengan baik, tempat ini bisa jadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Bali Timur.

 

Tempat rekreasi ini ada di Desa Datah, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali, deket banget sama pantai Tulamben.

 

Kalau lo dari Denpasar mau ke Karangasem, terus ambil arah ke Singaraja, sekitar 5 km sebelum pantai Tulamben, lo bakal nemu pertigaan jalan.

 

Di situ, ada petunjuk ke arah Timur (belok kanan), terus setelah sekitar 750 meter, lo bakal sampe di Pantai Lanji Batu Belah. Jarak perjalanan dari Denpasar ke pantai ini sekitar 2,5 jam.

 

Walaupun jalannya ke Pantai Lanji Batu Belah kelihatan sepi, terutama pas musim kemarau, tapi pemandangannya yang indah pasti nungguin lo pas sampe tujuan.

 

Pantai ini punya pemandangan laut yang keren banget, yang menghadap ke Timur, jadi pasti lo bisa nikmatin matahari terbit yang spektakuler di pagi hari.

 

Di sini juga ada Pura Manik Kembar yang tepat di pinggir laut. Ini menunjukkan bahwa tempat ini punya nilai sakral yang tinggi, jadi lo harus ikutin etika yang benar waktu berkunjung.

 

Di sini, pasangan muda sebaiknya nggak pacaran, karena tempat ini lebih buat wisata dan spiritual.

 

Kalau lo mau ke tempat wisata ini, bisa cek peta Google buat petunjuk yang akurat dengan cari Pura Manik Kembar.

 

Pura Manik Kembar Karangasem

Pura Manik Kembar di Pantai Lanji Batu Belah punya cerita unik. Katanya, Ida Betara yang dihormati di Pura Manik Kembar lahir sebagai kembar, jadi pura ini didedikasi untuk Dewa Kembar.

 

Makanya, buat yang punya anak kembar, disarankan buat ngunjungi Pura Manik Kembar ini buat berdoa dan minta keselamatan serta petunjuk dalam hidup.

 

Di halaman pura ini, lo bakal nemuin bangunan-bangunan suci kayak gedong simpen linggih Ida Betara Bagus Kembar, Padmasana linggih Ida Sang Hyang Widhi, pelinggih Sedahan, Meru, bebaturan linggih Ida Betara Rambut Sedana, dan juga pelinggih (bangunan) Ida Betara Baruna.

 

Pura Manik Kembar adalah tempat yang indah dan bermakna buat yang mau eksplorasi sisi spiritual Bali yang kaya.

Baca juga:  11 Rekomendasi Cafe Di Surabaya Yang Enak Buat Ngerjain Tugas

 

Keindahan dan Kesegaran Pantai Lanji Batu Belah di Karangasem Bali

Walaupun tempatnya di kawasan yang gersang, pantai ini punya kejutan yang nggak disangka-sangka. Dikelilingi pohon-pohon tinggi yang bikin adem, pantai ini juga punya wantilan di sekitar pura buat tempat nyaman buat istirahat.

 

Tempat parkir yang luas deket pura juga bikin tempat ini cocok buat yang datang naik mobil atau motor.

 

Keunikan Pantai Lanji Batu Belah

Pantai Lanji Batu Belah punya ciri khas sendiri. Ada koral dengan beberapa bagian pasir hitam, airnya tenang dan jernih, hampir nggak ada ombaknya, cuma ada riak-riak kecil. Tempat ini bagus banget buat snorkeling dan lihat-lihat keindahan bawah laut yang menakjubkan.

 

Karang-karangnya keliatan banget karena kejernihan airnya, bikin berenang di laut yang bening jadi pengalaman segar banget. Sebagai destinasi wisata alternatif di kawasan Bali Timur, Pantai Lanji Batu Belah di Karangasem memang punya pesona yang nggak terlupakan.

 

Daya Tarik Pantai Lanji Batu Belah Sebagai Objek Wisata

Pantai Lanji Batu Belah punya banyak daya tarik yang bikin tempat ini jadi hits di Bali. Ini dia beberapa daya tarik utamanya:

 

Pasir putih yang halus

Pantai Lanji Batu Belah punya pasir putih yang lembut dan halus. Pasirnya putih bersih dan berkilau pas kena matahari. Pasirnya nyaman buat dipijak dan buat berenang.

 

Air laut yang jernih

Air laut di Pantai Lanji Batu Belah berwarna biru kehijauan. Airnya jernih banget, jadi lo bisa lihat ikan-ikan yang berenang di bawah laut.

 

Tebing-tebing yang tinggi

Tebing-tebing tinggi di Pantai Lanji Batu Belah bikin tempat ini makin indah. Tebingnya juga jadi tempat yang sempurna buat nikmatin pemandangan matahari terbit.

 

Aktivitas Liburan Di Pantai Lanji Batu Belah Yang Dapat Lo Coba

Ada berbagai aktivitas liburan yang bisa lo coba kalau lagi berkunjung ke Pantai Lanji Batu Belah. Berikut beberapa di antaranya:

 

Jalan-jalan di Pantai

Salah satu aktivitas yang paling simpel dan nyaman buat nikmatin keindahan Pantai Lanji Batu Belah adalah jalan-jalan di sepanjang pantainya. Lo bisa nikmatin angin laut, pemandangan laut yang luas, dan merasakan pasir lembut di kaki lo.

 

Nikmatin Sunrise

Pantai Lanji Batu Belah terkenal banget dengan pemandangan sunrise-nya yang indah. Lo bisa nikmatin kecantikan matahari terbit di langit sambil nikmatin suasana romantis dan tenang di pantai. Pastiin bawa kamera buat abadiin momen indah ini.

 

Berjemur dan Berenang

Nikmatin matahari dan berjemurlah di pasir putih Lanji Batu Belah. Air laut yang jernih dan bersih juga menawarkan kesempatan buat berenang dan nikmatin kesegaran air.

 

Piknik Pantai

Ajak keluarga atau teman-teman lo buat piknik di Pantai Lanji Batu Belah. Bawa bekal, tikar, dan mainan pantai, terus nikmatin waktu santai di tepi pantai sambil nikmatin pemandangan alam yang indah.

Baca juga:  17 Cafe Enak Buat Nugas di Malang

 

Memancing

Kalau lo suka mancing, Pantai Lanji Batu Belah jadi tempat yang bagus buat nyoba keberuntungan lo. Siapin perlengkapan mancing lo dan cari spot yang bagus di sepanjang pantai atau sewa perahu buat mancing di perairan sekitarnya.

 

Fasilitas Pantai Lanji Batu Belah Jimbaran Bali

Pantai Lanji Batu Belah di Bali, Indonesia, belum punya fasilitas yang lengkap buat pengunjung. Ini dia beberapa fasilitas yang biasanya ada di Pantai Parangtritis:

  • Area Parkir: Ada area parkir yang luas di sekitar pantai buat pengunjung yang datang pake mobil atau motor pribadi. Biasanya ada tarif parkir yang harus dibayar.
  • Kios dan Warung Makan: Di sepanjang pantai, lo bakal nemuin banyak kios dan warung makan yang jual makanan dan minuman. Lo bisa nikmatin hidangan khas pantai kayak ikan bakar, mie goreng, atau kelapa muda segar.
  • Tempat Duduk: Ada beberapa tempat duduk buat pengunjung yang mau istirahat. Tempat duduknya biasanya dari kayu dan ada di sepanjang pantai.
  • Toilet dan Kamar Mandi: Fasilitas toilet dan kamar mandi umum ada di sekitar pantai buat kenyamanan pengunjung.
  • Hotel: Di sekitar Pantai Lanji Batu Belah, ada beberapa hotel berbintang buat pengunjung yang mau nginep lebih lama di pantai.

 

Pastiin cek kondisi dan ketersediaan fasilitas sama petugas pantai atau petugas wisata setempat pas lo lagi kunjungi Pantai Lanji Batu Belah, karena fasilitasnya bisa berubah tergantung musim dan kondisi tertentu.

 

Harga Tiket Masuk Pantai Lanji Batu Belah

Harga tiket masuk ke Pantai Lanji Batu Belah bisa beda-beda tergantung status keanggotaan dan kategori pengunjung. Ini dia harga tiket masuk Pantai Lanji Batu Belah (informasi ini bisa berubah, jadi pastiin verifikasi pas lo berkunjung):

  • Pengunjung: Gratis.
  • Parkir Roda Dua: Rp 5.000
  • Parkir Roda Empat: Rp 10.000

 

Pastiin cek harga tiket masuk sama petugas di gerbang pantai pas lo berkunjung, karena harganya bisa berubah dari waktu ke waktu. Selalu siapin uang tunai dalam nominal yang pas buat beli tiket masuk ke Lanji Batu Belah.