Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat

Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat

Pantai Carocok terletak di Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

 

Daya tarik alam dan kegiatan di Pantai Carocok sangat diminati oleh pengunjung, baik dari masyarakat setempat di Painan, luar Sumatera Barat seperti Riau, maupun turis mancanegara.

 

Daya Tarik Pantai Carocok

Pantai Carocok adalah pusat hiburan utama di Painan, terutama selama hari libur yang selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung.

 

Kebersihan air laut dan keberadaan pepohonan di sekitar pantai menciptakan udara yang sejuk. Pantainya landai dengan ombak yang cukup tenang, cocok untuk berenang bagi anak-anak maupun orang dewasa.

 

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Carocok, seperti berjalan-jalan di pasir putih, berfoto, dan menikmati sunset yang indah.

 

Banyak pengunjung sengaja datang pada sore hari untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Selain itu, snorkeling juga menjadi kegiatan yang populer di Pantai Carocok, karena keindahan bawah lautnya yang menakjubkan.

 

Untuk pengunjung yang tidak membawa peralatan snorkeling, pengelola pantai menyediakan peralatan yang bisa disewa dengan harga sekitar Rp 50.000.

 

Pengunjung juga bisa menikmati hembusan angin di dermaga yang berada di tepi pantai, dan dari dermaga tersebut dapat menuju gazebo untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan pantai.

 

Pulau Cingkuak

Pengunjung juga dapat menyeberang ke Pulau Cingkuak yang berada di seberang Pantai Carocok menggunakan dermaga yang panjang.

 

Di pulau ini, terdapat berbagai wahana permainan yang bisa dinikmati oleh pengunjung, seperti menyelam, snorkeling, banana boat, flying fox, dan jetski.

Baca juga:  Tempat Nongkrong Di Jakarta Utara 24 Jam

 

Sejarah Pantai Carocok

Dulu, sekitar Pantai Carocok merupakan tempat tinggal penduduk. Masyarakat setempat sering membawa ternak sapi mereka ke pantai ini, sehingga pantai ini disebut “Kandang Jawi” oleh penduduk setempat.

 

Namun, sejak tahun 1980-an, masyarakat Painan mulai datang ke Pantai Carocok untuk menikmati keindahan pantai dan matahari terbenam, sehingga pantai ini semakin dikenal oleh masyarakat Sumatera Barat.

 

Biaya Wahana di Pantai Carocok

Pengunjung yang ingin menikmati wahana permainan di Pantai Carocok akan dikenakan biaya tertentu, antara lain:

  • Banana boat: Rp 20.000
  • Jetski: Rp 100.000 per 25 menit untuk tiga orang
  • Donat: Rp 25.000
  • Flying fox: Rp 150.000

 

Fasilitas dan Cara Menuju Pantai Carocok

Di Pantai Carocok, tersedia berbagai fasilitas penunjang wisata, seperti mushola, lahan parkir yang luas, toilet, toko souvenir, warung makanan khas Pariaman, dan restoran dengan menu Minang dari Painan.

 

Pantai Carocok dapat dicapai dari Kota Padang dengan jarak sekitar 78,9 kilometer atau dua jam perjalanan melalui Jalan Raya Padang-Painan.

 

Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang indah, termasuk tebing, gunung, dan jurang.

 

Perjalanan ini memerlukan kewaspadaan karena jalannya berkelok-kelok. Bagi pengunjung dari luar Pulau Sumatera, bisa menggunakan penerbangan menuju Kota Padang dan kemudian melanjutkan perjalanan darat atau laut ke Pantai Carocok.